Batu lumuik Sei dareh kumbang jati

Batu lumuik sungai dareh berasal dari propinsi sumatera barat sudah terkenal dan dipakai masa sebelum boomingnya batu akik diindonesia , selain memiliki keindahan se­bagai perhiasan, juga memiliki kha­siat untuk ke­se­h­atan,namun karena begitu sulit dalam pengadaan batu giok jenis idocrase ini membuatnya semakin menjadi incaran para kolektor dan pecinta batu akik seluruh dunia .
Menurut Ketua Komunitas Batu Akik Mulia Sumatera Barat, Attila Majidi Datuak Rajo Sibungsu me­ngungkapkan, Batu giok lumuik sungai dareh ini menurut kepercayaan orang yang memakainya, Lumut Sungai Dareh yang kristal bisa mendinginkan suasana hati, karena memancarkan sinar infra merah, yang melancarkan meta­bolisme tubuh, sehingga bermanfaat untuk kesehatan disamping itu bermanfaat mendinginkan suasana hati,  juga diper­caya bisa mendinginkan ruangan.

Natural akik sungai dareh menjadi favorit , ditambah dengan presiden RI 6 Bapak Susilo Bambang Yudhoyono memakainya pada acara kenegaraan resmi dengan manis dan memukau semua para kolektor seluruh dunia .

Bagi orang Cina, batu giok berukuran besar ditaruh di dalam rumah, karena dipercaya bisa men­dinginkan ruangan. Lumut Sungai Dareh yang kristal, disebut-sebut memiliki manfaat setara dengan giok dari Cina, karena sama-sama berjenis Idocrase,” ujar Pria yang populer dengan nama Al Datuak Sibungsu ini saat dihubungi Haluan, Selasa (13/1).
sei dareh kumbang jati


Hanya Lumut Sungai Dareh yang kristal yang dipercaya memiliki khasiat demi­kian, namun tidak untuk yang ber­kuliatas semi kristal. Lumut Sungai Dareh kristal yang proses kristalisasinya bisa berlang­sung ketika dipakai di tangan. Se­dangkan Lumut Sungai Dareh semi kristal, proses kristalisasinya ber­lang­sung dalam sungai.


Keistimewaan
Keistimewaan Lumut Sungai Dareh dibandingkan batu mulia lain di Indonesia memiliki banyak varian warna dari dua warna dasar, yakni hijau muda dengan nama Pucuk Pisang (Natural Ido­crase) dan hijau tua dengan nama Kumbang Jati (Hydrogrossular Gar­net). Varian warna tersebut seperti putih, kuning, hijau, dan perpaduan warna-warna tersebut.
“Selain banyak varian warna, Lumut Sungai Dareh juga mem­punya banyak varian corak totol. Kumbang Jati memiliki corak totol seperti totol sayur 'leak', totol se­mang­ka, totol seledri, totol gerimis, dan totol armi. Penamaan totol tersebut berdasarkan kesepakatan pecinta batu setelah melihat corak totol. Sedangkan corak Pucuk Pi­sang seperti Pucuk Pisang polos, Pucuk Pisang cincau/bio solar, Pucuk Pisang dengna berbagai ma­cam totol,” dengan banyak­nya varian warna dan corak, Lumut Sungai Dareh menjadi istimewa dan unik karena tidak ada corak yang sama, terutama jenis Kumbang Jati.

Lumut Sungai Dareh kristal yang proses kristalisasinya bisa berlang­sung ketika dipakai di tangan. Se­dangkan Lumut Sungai Dareh semi kristal, proses kristalisasinya ber­lang­sung dalam sungai.
Jika saya memiliki Kumbang Jati totol semangka, maka tidak akan ada orang lain yang memiliki Kum­bang Jati totol semangka yang corak­nya sama persis dengan punya saya. Berbeda dengan Bacan hijau dan Garut hijau, yang warganya hanya polos, tidak ada kekhasan dalam corak dua batu itu. Kalau pun misalnya Bacan hijau memiliki bercak hitam, maka bercak hitam tersebut semakin lama akan hilang oleh proses kristalisasi. Sementara Lumut Sungai Dareh kristal, jika semakin lama dipakai dan dirawat, maka totol dan airnya semakin kentara karena proses kristalisasi
 
Keunikan corak tersebut adalah salah satu penyebab Lumut Sungai Dareh berharga jual tinggi, selain kelangkaannya. Lumut Sungai Dareh kristal langka, selain medan menuju lokasinya yang jauh dan rumit, juga karena yang sulit dida­patkan sebab yang sering dite­mu­kan adalah berkualitas semi kristal.
Karena sulit didapat, apalagi Lumut Sungai Dareh yang ber­ukuran besar, maka tak heran apabila ada kontes batu mulia, yang menang di kelas Idocrase ber­uku­ran large (lebih dari 30 karat), adalah Lumut Aceh, karena Lumut Sungai Dareh jarang yang berukuran sebesar itu.Lumut Sungai Dareh yang didapatkan kebanyakan ber­ukuran small (kurang dari 20 ka­rat) dan medium (20-30 karat) setelah diasah.penye­babnya adalah karena yang baru ditemukan yang pecahan kecil, yang diakibatkan oleh longsoran tersebut.
batu akik dari Sungai Dareh Sumatera Barat  selalu diincar para peminat akik di berbagai daerah. Bahkan karena keindahannya, hingga diharga seorang kolektor membeli sebuah  batu akik Sungai Dareh dengan harga Rp1,5 miliar. batu lumuik Sungai Dareh naik. yang jadi juara I saat itu dengan motif badai salju harganya bisa sampai Rp1,5 miliar. Ciri-cirinya kayak giok tapi didominasi warna putih di dalamnya serta memiliki totol hijau. Hal yang membuat mahal karena totolnya itu menyerupai harimau,

Tren penggunaan batu akik Sungai Dareh mulai mencuat pada 2012 saat ia mengikuti kontes di Jakarta, Tak tanggung-tanggung, seorang pedagang asal sumatera barat membawa 6 ton batu mulia asal Sungai Dareh ini .
 untuk memenuhi kebutuhan pembeli yang menggemari batu tersebut .

Batu asal Sungai Dareh  ada 57 motif yang Umumnya berwarna hijau tua. Dari puluhan motif tersebut, ada tiga yang paling dicari di pasaran, yakni motif kumbang jati, badai salju, dan pucuk pisang.
 
Ciri motif kumbang , jelas dia, berwarna hijau kristal dan di dalamnya terdapat totol hijau pekat seperti kumbang jati. Sementara ciri untuk badai salju berbentuk seperti giok, tidak tembus cahaya senter, bermotif putih, dan terdapat totol hijau sedangkan kalau untuk motif pucuk pisang mirip batu belimbing dari Aceh. bedanya kalau dari Sungai Dareh batunya warna kuning dan di dalamnya banyak warna. Itu yang dikatakan super. 

Kandungan Mineral
Menurut gemologist (pakar batu permata) Indonesia, Sujatmiko, konsentrat dulang Lumut Sungai Dareh setelah diperiksa di labo­ratorium, mengandung 48 persen mineral magnetit dan 30 persen mineral hematit dan ilmenit, yang mengandung unsur tembaga, timah hitam, seng, perak dan emas, masing-masing 171 gram/ton, 124 gram/ton, 20 gram/ton, 5 gram/ton, dan 0,045 gram/ton.
“Lumut Sungai Dareh yang ter­masuk jenis Idocrase, memiliki kekerasan 6,5 skala Mohs, berat jenis 3,46 dan indek refraksi sekitar 1,71 dengan pecahan konkoidal mirip pecahan gelas,” terangnya.
Sujatmiko tidak heran kenapa harga Lumut Sungai Dareh relatif tinggi dibanding batu semi mulia lainnya, selain karena corak yang unik dan kandungan mineral di dalamnya, juga karena untuk men­dapatkannya di pertambangan di wilayah Solok Selatan sangat susah karena yang banyak ditemukan adalah yang semi kristal, dan me­ngan­cam jiwa karena sulitnya medan yang dilalui. Bersama tim, ia pernah ke lokasi pe­nambangan Lumut Sungai Dareh di Bukit Puti Bungsu, yang di bawahnya terdapat sungai Batang Kandih, yang meru­pakan anak Sungai Batang Hari, di Solok Selatan, pada tahun Juni 2012.
 
sungai dareh dijual seharga 9 juta
menurut penuturan seorang pedagang asal sumatera barat Edo memiliki batu motif kumbang jati seberat 4 ons dan belum diolah. "Ini batu lumuik Sungai Dareh dengan motif kumbang jati harganya Rp9 juta. Ini batu super, kemarin sudah ada yang tawar Rp7 juta tapi belum mau kami lepas. Memang kumbang jati saat ini lebih mahal. Dua krat saja batu ini harganya sudah Rp2 juta," sebutnya.
 
Selain batu kumbang jati super, dia juga memiliki stok batu lumuik Sungai Dareh seberat 17 ton. Sebanyak 7,5 ton di antaranya sudah dikirim ke Jakarta dan daerah lain, serta ke Kota Padang 9,5 ton.
 
 seorang pedagang di propinsi riau menyebutkan dari sekian banyak barang yang masuk ke daerah riau persediaan batu lumuik sungai dareh kumbang jati sangatlah sulit untuk mendapatkannya dan dalam pengolahan batu tersebut sulit untuk mendapatkan hasil yang sempurna untuk dijadikan sebuah batu cincin sesuai keinginan pemiliknya .walau terbatas  ia memiliki beberapa batu akik sungai dareh yang sudah siap pakai dan bahan baku yang belum diolah . jika ada yang berminat hubungi aja nanti katanya sambil tersenyum bangga .

demikianlah sekilas info yang dapat penulis sampaikan semoga dapat memberi pencerahan dan penyegaran bagi pencinta batu akik indonesia . penulis menerima kritik dan saran yang membangun demi kemajuan untuk kita bersama . silakan kirimkan kritik dan saran di kolom pesan atau disini

SALAM GEMSTONE INDONESIA
 


No comments:

Post a Comment